Skip to main content

Search This Blog

Cara Menggunakan Aplikasi Files di iPhone dan iPad

advertisement

Cara Menggunakan Aplikasi Files di iPhone dan iPad Di Update Agustus 2018

Salah satu keluhan terbesar tentang sistem operasi iOS ialah sifat tertutup yang tidak memberikan kita akses ke hal-hal seperti instal aplikasi secara bebas di luar App Store tanpa melakukan jailbreak pada perangkat agar sistem file sepenuhnya terbuka. Akan tetapi, pembatasan ini juga membantu iPad lebih mudah digunakan dan tidak mendapat daya tarik bagi malware seperti virus. Dengan aplikasi Files, sistem file yang tadinya tertutup sebagian mulai terbuka dan mulai sekarang kita memiliki kontrol yang jauh lebih besar atas file-file kita.

Apa Sebenarnya Aplikasi Files di iOS 11?


Singkatnya, Files adalah aplikasi untuk mengelola dokumen yang saya simpan di layanan penyimpanan berbasis “cloud” seperti Dropbox, Google Drive, iCloud Drive dan layanan sejenis lainnya, serta subkumpulan dokumen yang dibuat oleh aplikasi yang disimpan di perangkat iOS. Dulu, satu-satunya cara untuk mendapatkan file-file lokal ini ialah dengan menghubungkan iPhone atau iPad ke laptop/PC saya dan kemudian kita dapat mengaksesnya dengan bantuan iTunes. Dengan adanya Files, saya dapat menyalin dokumen-dokumen ini dengan mudah ke layanan penyimpanan awan saya dan juga mendukung mode drag-and-drop.

Cara Memindahkan Dokumen dalam Files

Cara termudah untuk memanipulasi file di iPhone atau iPad ialah dengan fitur drag-and-drop baru yang hadir di iOS 11. Meskipun dimungkinkan untuk secara manual memilih dan memindahkan file menggunakan tombol yang disediakan di layar, cara ini jauh lebih cepat untuk sekedar mengambilnya dan memindahkannya.


  • Pertama, ketuk dan tahan pada dokumen yang ingin dipindahkan. Ini akan muncul keluar dari tempatnya di layar dan salinan tembus cahaya akan muncul di bawah jari saya.
  • Jika saya ingin memindahkan banyak file sekaligus dari folder yang sama, saya dapat mengetuk setiap file dengan jari yang berbeda untuk menambahkannya ke ‘tumpukan’ file.
  • Sambil menahan file asli agar tetap mengumpulkan tumpukan, gunakan jari lain untuk pindah ke direktori tujuan. Ketika saya memiliki file atau setumpuk file yang ‘ditahan’ dengan satu jari, saya masih dapat memanipulasi iPhone atau iPad seperti biasa. Ini paling mudah dilakukan dengan menggunakan tangan saya yang lain untuk menavigasi iPad sambil memegang jari asli itu ke bawah untuk menahan tumpukan file dan dokumen.
  • Ketika saya sampai ke folder tujuan, cukup angkat jari saya untuk ‘drop’ file di tempat.

Cara Memindahkan Dokumen Secara Manual

saya juga dapat memindahkan file ‘secara manual’ dengan menggunakan tombol yang tersedia di layar. Sangat bagus digunakan jika saya ingin memindahkan satu file dengan cepat atau memakai mode drag-and-drop terlalu rumit.

  • Mulai dengan memasukkan aplikasi ke mode Select dengan mengetuk tombol Select di kanan atas layar.
  • Dalam mode Select, lingkaran muncul di sebelah dokumen dan direktori di folder saat ini. Saat saya mengetuk suatu item, tanda centang muncul di lingkaran untuk menunjukkan bahwa saya telah memilihnya. saya dapat memindahkan seluruh folder sekaligus hanya dengan memilih folder itu sendiri.
  • saya dapat menghapus file yang dipilih dengan mengetuk tombol Delete di bagian bawah layar.
  • Bagikan file dan folder dengan mengetuk tombol Share. Ini menampilkan lembar berbagi dengan semua opsi yang tersedia untuk file, termasuk mengirimnya sebagai pesan teks, pesan email, posting ke Facebook, dll.
  • Jika saya ingin memindahkan file ke direktori lain atau bahkan sumber penyimpanan cloud lainnya, ketuk tombol Move. Ini akan memunculkan menu yang memungkinkan saya memilih tujuan. Jika tujuannya layanan berbasis cloud lainnya, ketuk nama sumber saat ini (iCloud Drive, Dropbox, Etc) di bagian atas menu ini dan pilih layanan tujuan saya.

Apa Itu Tag dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

saya dapat menganggap tag sebagai cara untuk menandai dokumen atau folder inpidu agar lebih cepat di akses nantinya dan tentunya jadi lebih rapi. Bagian Tag berisi tag berkode warna (merah, oranye, biru, dll.) Dan beberapa tag khusus (work, home, important). saya dapat ‘menandai’ dokumen atau seluruh folder dengan menggunakan drag-and-drop untuk menyeret file atau tumpukan file ke salah satu tag dan menjatuhkan tumpukan pada tag. Sementara fitur baru untuk iOS, tag sudah lebih dulu ada di Mac.

Menandai file tidak berarti saya memindahkan file tersebut. File yang ditandai tetap berada di lokasi aslinya. Jika diberi tag dengan warna, warna akan muncul di samping file di tujuan ini.

saya dapat mengetuk satu tag untuk memunculkan semua file dan folder dengan tag itu. saya bahkan dapat drag-and-drop dari folder ini ke tag lain atau memindahkan tumpukan dokumen dan folder yang dipilih ke lokasi yang berbeda di Files.

Drag and Drop di Luar Aplikasi Files

Kekuatan sebenarnya dari aplikasi Files terletak pada kemampuan untuk berinteraksi dengan aplikasi lain. Ketika saya mengambil tumpukan dokumen di Files, saya tidak dibatasi untuk hanya menjatuhkan tumpukan itu ke area lain dari aplikasi Files. saya dapat menggunakan multitasking untuk memunculkan aplikasi lain sebagai tujuan atau cukup tutup aplikasi Files dengan mengklik Tombol Home sebelum meluncurkan aplikasi baru.

Satu-satunya persyaratan adalah (1) Jari saya harus tetap ‘memegang’ tumpukan file yang ditekan pada layar dan (2) tujuan harus dapat menerima file-file tersebut. Misalnya, saya dapat menyeret gambar ke aplikasi Photos dan memasukkannya ke dalam album, tetapi saya tidak dapat menyeret dokumen Pages ke Photos. Aplikasi Photos tidak akan tahu apa yang harus dilakukan dengan dokumen.

Kemampuan untuk memanipulasi file dari berbagai sumber (iCloud Drive, Local, Dropbox, dll.) Dan menyeret dokumen dari Files ke aplikasi yang berbeda menambah banyak fleksibilitas ke iPhone dan iPad.

 

advertisement
Cara Menggunakan Aplikasi Files di iPhone dan iPad
| Putra Pak Asep